Viral, Uang Koin Rp 1000 Gambar Kelapa Sawit Dijual hingga Jutaan Rupiah

- 16 Juni 2020, 22:05 WIB
Tangkapan layar uang logam Rp 1000 dihargai jutaan rupiah
Tangkapan layar uang logam Rp 1000 dihargai jutaan rupiah //*Instagram

PR PANGANDARAN - Uang koin Rp 1000 bergambar kelapa sawit kini tengah banyak diperbincangkan warganet, usai platform situs online ramai menjual uang yang dirilis tahun 1993 tersebut.

Hal ini lantaran uang koin Rp 1000 yang bergambar kelapa sawit itu, dibandrol dengan harga puluhan juta di beberapa toko online.

Sontak kabar ini menjadi viral di berbagai lini masa media sosial. Beberapa kolektor menyebut, menjual koin yang telah langka dengan harga puluhan juta terlalu berlebihan.

Baca Juga: Dituding Tak Serius Urus Pendidikan Jabar, Ridwan Kamil Bikin Guru Kecewa Tiga Kali Berturut-turut

Dikutip PikiranRakyat-Pangandaran.com dari situs Minews, uang yang mulai sulit ditemui ini, ramai dijual situs jual-beli online dengan  kisaran harga Rp 17 hingga Rp 20 Juta.

Namun, hingga kini tak diketahui secara pasti mengapa uang koin itu dihargai dengan begitu mahal. Warganet mengira mungkin karena bentuknya yang unik, dua lapis warna, yakni emas dan perak.

Lebih lanjut, warganet lain ikut berkomentar menyoal fenomena ini, mereka menyimpulkan mungkin penjualan uang koin Rp 1000 ini dengan harga fantastis akibat tengah diburu para kolektor barang kuno.

Baca Juga: Nyaris 500 Warga Tasikmalaya Terjangkit DBD, Kepala P2P: Kasusnya Terus Meningkat Drastis

Namun, perlu diketahui, adapun sejumlah kriteria yang harus dimiliki untuk menentukan uang tersebut sudah kuno atau tidak.

Pertama, uang tersebut sudah tidak diterbitkan lagi oleh Bank Indonesia (BI) dan sudah ditarik peredarannya.

Halaman:

Editor: Ayunda Lintang Pratiwi

Sumber: Instagram @bpptkg


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x