Diklaim Paling Berbahaya, Asteroid Apophis Diprediksi Tabrak Bumi di Tahun 2029, NASA Ungkap Faktanya

- 21 April 2021, 04:30 WIB
Diklaim Paling Berbahaya, Asteroid Apophis Diprediksi Tabrak Bumi di Tahun 2029, NASA Beri Penjelasan.
Diklaim Paling Berbahaya, Asteroid Apophis Diprediksi Tabrak Bumi di Tahun 2029, NASA Beri Penjelasan. /PIXABAY / 9866112

PR PANGANDARAN – Usai ditemukan pada tahun 2004, asteroid Apophis telah diidentifikasi sebagai salah satu asteroid paling berbahaya yang dapat menabrak bumi.

Namun, penilaian itu berubah ketika para astronom menyimpulkan tidak ada risiko asteroid Apophis akan menabrak bumi setidaknya selama 100 tahun lagi.

Dikutip dari NASA, asteroid Apophis diperkirakan berdiameter sekitar 1.100 kaki (340 meter) dan diprediksi akan mendekat ke bumi pada tahun 2029.

Baca Juga: Dari BTS Sampai TWICE, Inilah Lineup Lotte Duty Free Famliy Concert ke-31

Para ilmuwan mengira ada risiko kecil asteroid Apophis akan menabrak bumi pada tahun 2068, tetapi analisis pengamatan baru menunjukkan bahwa bumi seharusnya aman selama satu abad lagi.

Para astronom memperkirakan asteroid Apophis akan menabrak bumi pada tahun 2029, dan kemudian menjadi tahun 2036.

Namun, kedua kemungkinan itu batal dengan memodelkan orbitnya, tetapi hingga bulan ini tabrakan asteroid Apophis dengan bumi pada tahun 2068 masih ada kemungkinan akan terjadi.

Baca Juga: Bangga Kopi Jawa Barat Mejeng di Kafe Korea Selatan, Ridwan Kamil Ucap Syukur: Terima Kasih...

Berdasarkan namanya, asteroid Apophis berasal dari Yunani dan ditujukan untuk dewa Mesir, musuh dewa matahari Ra, dan dikaitkan dengan kegelapan, kematian, dan kehancuran.

"Tabrakan tahun 2068 sudah tidak mungkin lagi, dan perhitungan kami tidak menunjukkan risiko terjadi tabrakan setidaknya untuk 100 tahun ke depan," kata Davide Farnocchia dari Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA.

Halaman:

Editor: Mela Puspita

Sumber: NASA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X