China Dilanda Banjir Dahsyat, Xi Jinping Sampaikan Situasi Masuki Tahap Kritis

- 22 Juli 2021, 11:00 WIB
China yang dilanda banjir dahsyat akhirnya disebut Presiden Xi Jinping sebagai situasi yang telah masuki tahap kritis di Zhengshou
China yang dilanda banjir dahsyat akhirnya disebut Presiden Xi Jinping sebagai situasi yang telah masuki tahap kritis di Zhengshou //Instagram @jin_ping_xi//

PR PANGANDARAN - China sedang terguncang dengan tragedi banjir yang telah menewaskan sedikitnya 25 orang, setelah hujan lebat menyebabkan sejumlah penumpang berjuang melawan air setinggi dada di dalam gerbong kereta bawah tanah.

Lebih lanjut, Presiden Xi Jinping menggambarkan situasi tragedi banjir itu sebagai sangat parah hingga langkah-langkah pengendalian banjir memasuki tahap kritis, termasuk saat tanggul sungai jebol dalam hujan deras yang melanda provinsi Henan.

Kemudian, pejabat Provinsi Henan, China melaporkan sekitar 200.000 penduduk dievakuasi dari Zhengzhou, ketika tentara segera memimpin upaya penyelamatan dari tragedi banjir yang menyerang kota berpenduduk lebih dari 10 juta orang tersebut.

Baca Juga: Rencana Menikah Bulan Juli, Rizky Billar Tanpa Didampingi Lesti Kejora Sampaikan Hal Mengejutkan Ini

Sebagai informasi, curah hujan di wilayah itu adalah yang terberat sejak pencatatan dimulai 60 tahun lalu, tepatnya curah hujan setara satu tahun hanya berlangsung dalam tiga hari.

Bahkan, hujan badai menenggelamkan kereta bawah tanah yang beroperasi di Zhengzhou Selasa malam, menewaskan 12 orang dan melukai lima orang, sementara pejabat kota mengatakan ratusan orang diselamatkan dari tempat kejadian nahas itu.

Sejumlah gambar menegangkan yang dibagikan di media sosial menunjukkan penumpang yang terkejut berupaya menyelamatkan diri dari air yang naik dengan cepat di dalam gerbong kereta, bahkan tim penyelamat memotong atap gerbong untuk menarik orang ke tempat yang aman, lapor media setempat.

Baca Juga: Ikatan Cinta 22 Juli 2021: Bahaya, Andin yang Pernah Dipenjara jadi Alasan Kuat Nino Ambil Hak Asuh Reyna

Yang lain menunjukkan penyelamatan dramatis pejalan kaki di Zhengzhou dari arus deras yang mengalir di jalan-jalan.

Sedikitnya empat orang tewas di dekat kota Gongyi di mana rumah dan tembok runtuh, kata kantor berita resmi Xinhua, menambahkan bahwa curah hujan telah menyebabkan banyak tanah longsor.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: NDTV


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X