Studi Baru: Suntikan Flu dan Vaksin Covid-19 Pfizer atau AstraZeneca Aman Diberikan Bersamaan

- 1 Oktober 2021, 10:10 WIB
Ilustrasi vaksin. Berikut ini adalah jadwal vaksin Covid-19 di Malang pada Jumat, 1 Oktober 2021 dengan jenis Moderna.
Ilustrasi vaksin. Berikut ini adalah jadwal vaksin Covid-19 di Malang pada Jumat, 1 Oktober 2021 dengan jenis Moderna. /

PR PANGANDARAN - Sebuah studi baru dari uji klinis yang dilakukan mengatakan, suntikan flu dan vaksin Covid-19 Pfizer atau AstraZeneca aman untuk diberikan bersamaan.

Sementara beberapa orang mengalami lebih banyak efek samping dengan kombinasi suntikan flu dan vaksin Covid-19 tertentu, penyakitnya sebagian besar ringan hingga sedang, temuan studi baru.

Efek samping yang paling umum dari suntikan flu dan vaksin Covid-19 yang diberikan bersamaan termasuk rasa sakit di tempat suntikan dan kelelahan sementara, sakit kepala atau nyeri otot.

Baca Juga: Ernest Prakasa Tanggapi Pihak yang Sebut Komedi Hanya untuk Humor: Wajib Suarakan Kebenaran

Tes darah pada sukarelawan percobaan menunjukkan tidak ada dampak negatif pada respons kekebalan terhadap vaksin flu atau Covid-19 ketika suntikan diberikan satu demi satu, di lengan yang berlawanan, meskipun salah satu vaksin flu, FluBlok oleh Sanofi, tampaknya lebih kuat bila diberikan bersama jab Pfizer.

Para peneliti pada studi Combining Influenza and Covid-19 Vaccination (ComFluCov) mengatakan temuan tersebut mendukung saran terbaru dari Joint Committee on Vaccination and Immunization (JCVI) untuk menawarkan booster Covid-19 bersama suntikan flu musim gugur dan musim dingin ini, di mana praktis untuk melakukannya.

Dr Rajeka Lazarus, ilmuwan utama dalam uji coba dan konsultan penyakit menular dan mikrobiologi di University Hospitals Bristol dan Weston NHS Foundation Trust, mengatakan bahwa hasilnya, yang masih awal dan belum ditinjau oleh rekan sejawat, adalah 'langkah yang sangat positif' yang bisa berarti lebih sedikit janji temu bagi mereka yang memenuhi syarat untuk booster dan suntikan flu.

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Akan Alami Hari yang Hebat Pada 1 Oktober 2021

“Kami tidak berharap, dengan dosis booster, akan berdampak pada seberapa baik vaksin Covid bekerja,” katanya.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah