Rabu, 26 Februari 2020

Mengenal Sosok Susi Pudjiastuti, Perempuan Tangguh Asal Pangandaran

- 23 November 2019, 05:47 WIB
Susi Pudjiastuti.*/ANTARA

PANGANDARAN, (PR).- Kabupaten Pangandaran patut berbangga mempunyai putri daerah yang menjadi “bintang” beberapa tahun terakhir. Adalah pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/Susi-Pudjiastuti">Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan Indonesia di masa Presiden Joko Widodo tahun 2014-2019.

Sosok pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/Susi-Pudjiastuti">Susi Pudjiastuti yang lahir di Pangandaran, Jawa Barat, 15 Januari 1965 ini menjadi menteri yang fenomenal lantaran berhasil mengeluarkan kebijakan di laut Indonesia. Hal yang paling diingat masyarakat dari pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/Susi-Pudjiastuti">Susi Pudjiastuti tentu saja jargon “Tenggelamkan” bagi kapal-kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

Berkat kebijakan tegas yang dikeluarkannya ini, para nelayan asing yang nekat mencuri ikan di perairan Indonesia harus mendapatkan hukuman ditenggelamkan kapalnya. Bahkan kebijakannya menenggelamkan kapal para pencuri mendapatkan apresiasi dan perhatian dari masyarakat dunia.

Sayangnya, pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/Susi-Pudjiastuti">Susi Pudjiastuti tidak lagi mendapatkan kepercayaan untuk memipin nahkoda di Menteri Kelautan Indonesia preiode kedua Presiden Joko Widodo. Keputusan Presiden Joko Widodo tidak menyertakan pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/Susi-Pudjiastuti">Susi Pudjiastuti sebagai menteri sangat disayangkan oleh masyarakat.

Pangandaran Kian Bergegas Jadi Wisata Kelas Dunia

Pada saat pengumuman kabinet menteri baru di periode kedua, masyarakat menumpahkan kekecewaannya lantaran pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/Susi-Pudjiastuti">Susi Pudjiastuti tidak menjabat sebagai menteri. Nama Susi sempat menjadi trending di berbagai linimasa.

Hal lain yang juga diingat dari pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/Susi-Pudjiastuti">Susi Pudjiastuti adalah background pendidikannya sebagai menteri yang tidak mentereng seperti menteri yang lain. Dia hanya menamatkan bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Meski hanya tamatan SMP, Susi tidak patah arang, dia mulai membangun bisnisnya di Pangandaran sebagai pedagang di tahun 1983. Selain menjadi pedagang Bed Cover, dia juga menjadi pengepul ikan dan memulai bisnis dengan modal sebasar Rp 750.000 hasil dari menjual perhiasan yang dia miliki.

Pada tahun 1996, pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/Susi-Pudjiastuti">Susi Pudjiastuti mulai melebarkan bisnisnya dengan membangun perusahaan pengepu dan pengolahanl ikan dengan nama PT ASI Pudjiastuti Marine. Lalu dia membeli pesawat jenis Cessna Caravan dengan harga 20 milyar di tahun 2003. Pesawat tersebut awalnya digunakan untuk mengangkut produk pabrik, namun seiring waktu menjadi penyewaan pesawat.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

X