Jokowi: Pandemi Beri Pengalaman yang Tak Terduga Dalam Rencana Pembangunan Nasional

- 4 Mei 2021, 13:50 WIB
Di acara Peresmian Pembukaan Musrenbangnas 2021 Jokowi sebut jika pandemi Covid-19 berikan pelajaran yang luar biasa
Di acara Peresmian Pembukaan Musrenbangnas 2021 Jokowi sebut jika pandemi Covid-19 berikan pelajaran yang luar biasa /BPMI

PR PANGANDARAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi Covid-19 telah memberikan Pengalaman yang tak terduga dalam merencanakan pembangunan nasional.

“Sebaik apapun perencanaan yang sudah kita buat kita juga harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat, untuk menyesuaikan dengan tantangan dan peluang-peluang,”
kata Presiden Jokowi dikutip PikiranRakyat-Pangandaran.com saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2021 di Istana Negara, Jakarta Selasa, 4 Mei 2021.

Kendati masih dalam kondisi Covid-19 membuat realisasi perencanaan pembangunan sangat tidak menentu, Presiden Jokowi menegaskan tujuan utama pembangunan tidak berubah ialah untuk memakmurkan rakyat dan memajukan negara.

Baca Juga: Perhiasan Mewah dan Aset Berharga Terry Putri Digondol Maling, Polisi Lakukan Penyelidikan

“Tetapi caranya sering kali harus berubah, karena tantangan dan peluangnya setiap saat bisa berubah-ubah," ujar Presiden Jokowi.

Dalam merealisasikan perencanaan, lanjut Presiden, Negara membutuhkan integrasi kekuatan untuk menuntaskan berbagai masalah, baik masalah ekonomi dan kesehatan.

Contohnya dalam menjalankan protokol kesehatan dan melakukan program 3T yakni Testing (pengujian), Tracing (pelacakan) dan Treatment (perawatan) membutuhkan bantuan dari semua pihak.

Baca Juga: Uang Rp 200 Ribu pun Tak Punya, Ustaz Solmed Mendadak Miskin hingga Kelabakan Cari Penghasilan

“Butuh keaktifan seluruh jajaran pemerintahan dari pusat sampai daerah, demikian pula produktivitas dari kalangan industri yang kecil sampai yang besar untuk memproduksi alat-alat kesehatan dan juga obat serta dukungan dari negara lain juga sangat diperlukan,” ujar Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Imas Solihah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X