Rabu, 26 Februari 2020

Pangandaran Kian Bergegas Jadi Wisata Kelas Dunia

- 23 November 2019, 05:42 WIB
Pantai Pangandaran.*/ISTIMEWA

PANGANDARAN, (PR).- Kabupaten Pangandaran digadang-gadang menjadi salah satu kawasan pariwisata kelas dunia di tahun 2020 mendatang. Setara dengan Bali menjadi cita-cita yang diharapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk Kabupaten Pangandaran kedepannya.

Berdasarkan laporan wartawan Kabar Priangan Agus Kusnadi, mimpi ini disampaikan oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil September 2019. Untuk merealisasikannya, Jeje menuturkan ada 7 hal utama yang telah menjadi pembahasan bersama Ridwan Kamil.

Dalam satu bulan ke depan akan dikaji persiapan pembukaan penerbangan Bandung ke Pangandaran, melakukan inventarisasi masalah bandara Nusawiru untuk persiapan pesawat besar masuk, penataan pantai Pangandaran yang akan dilanjutkan tahun 2020, tiga lokasi pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/wisata">wisata yang dikembangkan atau dibangun yaitu pantai Karapyak, Batu Hiu dan Batu Karas.

Tidak hanya sampai disitu, untuk menunjang Kabupaten Pangandaran menjadi kawasan pariwisata kelas dunia, akan dibangun taman-taman terbuka yang tersebar. Lalu di Pangandaran juga akan dimulai pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat disekitar.

Menyadari persiapan matang harus dilakukan, pembangunan Rumah Sakit Umum Pangandaran juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Nama rumah sakit yang disarankan adalah Pandega yang merupakan singkatan dari Pangandaran Sehat dan Bahagia.

Pada tahun 2020 ditargetkan pula jalur pantai dari Pangandaran menuju Batu Karas bisa tersambung semua. Bahkan pihak PT KAI (Kereta Api Indonesia) berencana untuk bisa mereaktivasi jalur kereta api.

Selama 1 hari, beberapa kawasan pangandaran.pikiran-rakyat.com/tag/wisata">wisata di Pangandaran, mulai dari pantai Pangandaran, Batu Karas, Batu Hiu serta pantai Karapyak dikunjungi lebih dari 24.000 orang.


Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

X