Lawan Covid-19 Bersama PEN, Berikut 4 Strategi Digitalisasi Usaha agar UMKM Maju Ekonomi Bangkit

- 2 Desember 2020, 08:00 WIB
4 Langkah Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM PEN
4 Langkah Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM PEN //*Instagram @lawancovid-19_id

PR PANGANDARAN - Indonesia masuk jurang resesi pada kuartal III-2020 merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang melaporkan produk domestik bruto (PDB) RI minus 3,49 persen.

Ketidakpastian ekonomi akibat pandemi membuat pemerintah gencar mengusung beragam program Bantuan Langsung Tunai (BLT) guna meningkatkan daya beli masyarakat.

Selain itu, keterlibatan Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) juga tak kalah penting meningkatkan kesehatan masyarakat dengan beragam program sehingga berdampak pada kebangkitan ekonomi di kala pandemi.

Baca Juga: Ketum PBNU Said Aqil Siradj Dinyatakan Positif Terpapar Covid-19

Seperti dikutip PikiranRakyat-Pangandaran.com dari laman Sekretariat Kabinet, Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin optimis dapat merealisasikan target penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional hingga akhir tahun 2020.

Lebih lanjut, Budi Gunandi mengatakan anggaran sebesar Rp695 triliun untuk penanganan Covid-19 ditargetkan dapat terserap ke dalam 6 program Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Adapun keenam program yang difokuskan untuk meningkatkan kesehatan guna membangkitkan kembali ekonomi Indonesia:

Baca Juga: Terlibat Penipuan hingga Pemerkosaan, Donald Trump Terancam Dipenjara Setelah Tak Jadi Presiden

Program bidang Kesehatan, Insentif Usaha, Perlindungan Sosial, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Program Kementerian Lembaga (K/L) dan Pemda, serta Pembiayaan Korporasi.

Sedangkan, untuk 4 program terakhir menjadi tanggung jawab Satgas PEN dengan anggaran yang dialokasikan sekitar Rp400 triliun.

Halaman:

Editor: Ayunda Lintang Pratiwi

Sumber: Instagram setkab


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x