Senat Amerika Kukuhkan Hakim Federal Muslim Pertama dalam Sejarah AS

- 11 Juni 2021, 13:45 WIB
Zahid N. Quraishi, calon Hakim Distrik AS untuk Distrik New Jersey, bersaksi di depan sidang Komite Kehakiman Senat tentang pencalonan yudisial yang tertunda di Capitol Hill di Washington, AS, 28 April 2021.
Zahid N. Quraishi, calon Hakim Distrik AS untuk Distrik New Jersey, bersaksi di depan sidang Komite Kehakiman Senat tentang pencalonan yudisial yang tertunda di Capitol Hill di Washington, AS, 28 April 2021. / Tom Williams/Pool via REUTERS

PR PANGANDARAN Senat Amerika Serikat (AS) pada Kamis menyetujui pencalonan Presiden Joe Biden dari Zahid Quraishi, seorang hakim di New Jersey, ke bangku federal, menjadikannya hakim federal Muslim pertama dalam sejarah AS.

Senat yang dikuasai Demokrat memberikan suara 81-16 untuk mengkonfirmasi Zahid Quraishi (46) yang merupakan putra imigran Pakistan dan mantan jaksa federal dan militer.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer dari New York mencatat di lantai Senat bahwa sementara Islam adalah agama terbesar ketiga di AS, tidak ada Muslim yang pernah menjabat di bangku federal.

Baca Juga: Usai Disindir Zalim oleh Anak Berkali-kali, Aa Gym Akhirnya Kembali Gugat Cerai Teh Ninih

"Kita harus memperluas tidak hanya keragaman demografis tetapi keragaman profesional, dan saya tahu bahwa Presiden Biden setuju dengan saya dalam hal ini dan ini akan menjadi sesuatu yang akan saya lakukan," kata Schumer.

Quraisy tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Sebelum diangkat sebagai hakim pada 2019, yang tidak memerlukan konfirmasi Senat, Quraishi adalah mitra dalam praktik pembelaan kriminal kerah putih dari firma hukum New Jersey Riker Danzig Scherer Hyland & Perretti.

Baca Juga: Lirik Lagu Baby Blue Love - TWICE dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Dia sebelumnya bekerja sebagai asisten pengacara AS, asisten kepala penasihat Departemen Keamanan Dalam Negeri, dan jaksa di Korps Advokat Hakim Angkatan Darat AS.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X