Dianggap Lebih Menular, Seberapa Efektif Vaksin Covid-19 Terhadap Varian Delta India?

- 18 Juni 2021, 16:10 WIB
 Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Unsplash/Fusion Medical Animation

PR PANGANDARAN - Pelonggaran penguncian di Inggris ditunda dari 21 Juni 2021 hingga kemungkinan 9 Juli 2021, di tengah kekhawatiran gelombang besar rawat inap karena Covid-19 varian Delta.

Seperti diketahui varian Delta merupakan salah satu jenis Covid-19 yang berasal dari India, serta dianggap lebih menular hingga terjadi lonjakan kasus positif di India beberapa waktu lalu.

Tak hanya di India, varian Delta dari Covid-19 ternyata sudah menyebar ke berbagai negara lainnya, termasuk Inggris. Namun, yang jadi pertanyaan, seberapa efektif vaksin Covid-19 terhadap varian Delta?

Baca Juga: Samakan ARMY dengan Laskar FPI, Coki Pardede Usai BTS Meal Disinggung HRS: Akhirnya Lawan Sepadan!

Apa yang dimaksud dengan efektivitas vaksin?

Efektivitas vaksin mengacu pada seberapa baik vaksin bekerja di dunia nyata. Angka-angka diberikan sehubungan dengan hasil tertentu, seperti infeksi, penyakit simtomatik, masuk rumah sakit atau kematian.

Jika vaksin Covid-19 '90 persen efektif' terhadap penyakit bergejala, itu berarti orang yang divaksinasi memiliki risiko 90 persen lebih rendah terkena penyakit daripada mereka yang belum divaksinasi.

Itu berarti bahwa untuk 100 orang yang tidak divaksinasi yang mengembangkan gejala Covid, hanya 10 yang diperkirakan jatuh sakit jika mereka divaksinasi.

Baca Juga: Rizki DA Menyangkal Disebut Ngotot Ingin Tes DNA Bayi Nadya Mustika: Itu kan Cuma Berita

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X