China Temukan Vaksin Covid-19 Baru yang 79 Persen Efektif Melawan Varian Delta

- 27 September 2021, 12:30 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19.
Ilustrasi Vaksin Covid-19. /PEXELS/Alena Shekhovtcova

PR PANGANDARAN - Studi yang dilakukan untuk vaksin Covid-19 baru yang dibuat oleh Clover Bhiopharmaceuticals China, mengungkapkan bahwa vaksin tersebut memiliki kemanjuran 79 persen terhadap varian Delta yang sangat menular.

Vaksin berbasis protein, yang dikenal sebagai SCB-2019, juga ditemukan 67 persen efektif secara keseluruhan terhadap infeksi Covid-19 dengan tingkat keparahan apa pun dan disebabkan oleh jenis apa pun, kata sebuah pernyataan oleh perusahaan pada hari Rabu.

SCB-2019 juga 92 persen efektif melawan Covid-19 varian Gamma dan 59 persen efektif melawan varian Mu, menurut penelitian.

Baca Juga: Inggris Mengalami Musim Dingin Terburuk yang Pernah Ada, Warga Keluhkan Batuk Pilek Terus Menerus

Secara kolektif, ketiga strain ini terdiri dari 73 persen dari semua strain yang diidentifikasi dalam penelitian ini.

“Kami senang bahwa SCB-2019 telah berhasil menunjukkan kemanjuran terhadap strain delta yang dominan secara global dan varian terkait lainnya,” kata Chief Executive Officer, Clover, Joshua Liang.

“Ini adalah kandidat vaksin pertama yang menunjukkan kemanjuran vaksin di seluruh varian strain didorong oleh profil mutasi unik dari masing-masing varian, yang dapat membuat beberapa strain lebih menular daripada yang lain dan dapat memungkinkan pelepasan kekebalan,” kata perusahaan.

Baca Juga: Kisah Hidup Asisten Raffi Ahmad dari Asisten DJ Nomor 1 se Asia kini Sensen Bangun Rumah 4 Lantai

Clover, yang memiliki kesepakatan untuk memasok sekitar 414 juta dosis vaksin virus corona melalui skema berbagi vaksin global Covax, akan menyerahkan data uji coba untuk persetujuan bersyarat kepada WHO dan regulator di China dan Eropa pada kuartal terakhir tahun ini.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Independent


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah