Ternyata Ini Profesi yang Paling Banyak Dicari di Asia, Potensi Besar Bagi WNI Kerja di Luar Negeri

- 28 Oktober 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi menggapai pekerjaan yang diimpikan
Ilustrasi menggapai pekerjaan yang diimpikan /pixabay

PR PANGANDARAN - Upaya untuk memperbesar peluang kerja di luar negeri dengan terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Utamanya dengan negara-negara yang sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ketenagakerjaan di ASEAN dan tiga negara mitra yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Republik Korea atau Korea Selatan.

Sejumlah profesi disebutkan secara khusus oleh beberapa negara untuk diminta. Melihat profesi-profesi tersebut, warga Indonesia dianggap punya peluang paling besar untuk bekerja di sana.

Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, mengatakan, warga Indonesia punya peluang besar untuk menjadi pekerja asing di Jepang. Hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan 18th Senior Labour Officials Meeting Plus Three (SLOM+3) yang diselenggarakan secara hybrid virtual meeting di Jakarta pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Baca Juga: Alami Sesak Nafas hingga Dideteksi Sempat Terpapar Covid-19, Atta Halilintar: Jangan Dijauhi, Dukung

Salah satu peluang kerja di sana yang kesempatannya tengah dibuka lebar adalah sebagai perawat (caregiver) atau yang dikenal di Jepang dengan sebutan Kaigofukushishi.

Profesi perawat atau caregiver bagi Jepang merupakan bagian penting. Sebab tugasnya adalah terutama untuk merawat orang lanjut usia (lansia) yang kini menjadi mayoritas di negeri sakura tersebut.

"Indonesia memiliki kans (peluang) mengirim tenaga kerja non blue collar seperti caregiver. Banyak lansia di Jepang yang membutuhkan tenaga perawat," kata Anwar, seperti dilansir Pangandaran.Pikiran-Rakyat.com dari laman RRI dengan pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Baca Juga: Ngaku Keranjingan Nonton, Intip 4 Deretan Drakor yang Paling Disukai Rossa Lengkap dengan Alasannya

Selain Jepang, Anwar melanjutkan, demi menghentikan perdagangan manusia (human trafficking) di ASEAN, Republik Korea pun mendukung beragam kerja sama regional ketenagakerjaan.

Korea bersepakat untuk melangsungkan kerja sama demi meningkatkan perlindungan serta promosi hak-hak pekerja migran yang marak mengalami eksploitasi dan penganiayaan.

Halaman:

Editor: Ayunda Lintang Pratiwi

Sumber: RRI


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x