Studi Baru: Covid-19 Bisa Menginfeksi Sel Penghasil Insulin di Pankreas, Picu Diabetes?

- 29 September 2021, 13:45 WIB
Ilustrasi Covid-19 yang bisa menginfeksi sel di pankreas.
Ilustrasi Covid-19 yang bisa menginfeksi sel di pankreas. /Pixabay/PIRO4D/

PR PANGANDARAN - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa Covid-19 dapat menginfeksi sel penghasil insulin di pankreas dan mengubah fungsinya.

Hal itu berpotensi menjelaskan mengapa beberapa orang yang sebelumnya sehat mengembangkan diabetes setelah tertular Covid-19.

Dokter semakin khawatir tentang meningkatnya jumlah pasien yang menderita diabetes baik saat terinfeksi Covid-19, atau segera setelah pulih darinya.

Baca Juga: Giring Eks Nidji Ungkap Alasan Tuduh Anies Baswedan Bohong, Terkait Formula E

Berbagai teori telah dikemukakan untuk menjelaskan peningkatan ini.

Salah satunya adalah virus menginfeksi sel pankreas melalui reseptor ACE2 yang sama yang ditemukan di permukaan sel paru-paru, dan mengganggu kemampuannya memproduksi insulin – hormon yang membantu tubuh mengatur kadar glukosa dalam darah.

Sebagai alternatif, respons antibodi yang berlebihan terhadap virus dapat secara tidak sengaja merusak sel pankreas, atau peradangan di tempat lain di tubuh mungkin membuat jaringan kurang responsif terhadap insulin.

Baca Juga: Pakar Kerajaan Sebut Meghan Markle Sudah Tidak Populer, Diklaim Tidak Akan Kembali ke Inggris

Untuk menyelidikinya, Prof Shuibing Chen di Weill Cornell Medicine di New York menyaring berbagai sel dan organoid – kelompok sel yang tumbuh di laboratorium yang meniru fungsi organ – untuk mengidentifikasi mana yang dapat terinfeksi oleh Covid-19.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah